INTERNET TELEPHONY

Posted: October 8, 2008 in Uncategorized

INTERNET TELEPHONY

Perkembangan teknologi DSP menghasilkan perangkat keras yang mampu mengolah sinyal analog, seperti sinyal audio, sebagai sinyal input sistem DSP yang diolah dalam bentuk sinyal dijital dan menghasilkan sinyal keluaran yang analog kembali. Peralatan seperti sound blaster merupakan salah satu hasil perkembangan teknologi ini yang telah mampu mengolah sinyal secara real time. Sehingga, sinyal yang dapat dikirim melalui internet juga meliputi sinyal audio dan video.

KONSEP DASAR

Internet telephony atau IP telephony merupakan konsep penggunaan jaringan internet untuk melewatkan sinyal telepon dengan delay yang dapat diterima (masih dalam batas toleransi pendengaran manusia). Bentuk aplikasi internet telephony dapat berupa :

  1. Komputer ke pesawat telepon
  2. Pesawat telepon ke komputer
  3. Komputer ke faksimili
  4. Faksimili ke komputer
  5. Antar komputer
  6. Antar pesawat telepon
  7. Antar faksimili

Alasan utama berkembangnya internet telephony adalah biaya yang diperlukan untuk melakukan percakapan lebih murah dari pada percakapan menggunakan saluran telepon biasa, terutama untuk percakapan jarak jauh. Selain itu, dengan teknologi ini dapat dilakukan videoconferencing, pemakaian dokumen bersama, serta pemakaian aplikasi dan white-board bersama.

CARA KERJA

  • Pada satu sisi, gateway terhubung dengan saluran telepon dan dapat berkomunikasi dengan setiap pesawat telepon di seluruh dunia.
  • Di sisi lain, gateway terhubung dengan internet dan dapat berkomunikasi dengan setiap komputer yang terhubung internet di seluruh dunia.
  • Gateway bertugas mengambil sinyal telepon untuk ditransformasikan ke dalam sinyal dijital (jika sinyal telepon tersebut masih analog), kemudian mengkompres sinyal tersebut, dan selanjutnya mengirim sinyal tersebut dalam bentuk paket-paket melalui jaringan internet menggunakan internet protocol (IP) ke tempat tujuan.
  • Gateway melakukan proses sebaliknya dari point ketiga. � Kedua proses terakhir dilakkan secara bersamaan, sehingga dapat dilakukan percakapan yang full-duplex.

Untuk melakukan hubungan komputer ke pesawat telepon atau pesawat telepon diperlukan sebuah gateway. Namun, untuk melakukan hubungan antar pesawat telepon diperlukan dua buah gateway.

KUALITAS INTERNET TELEPHONY

Ada dua faktor yang menentukan kualitas dari internet telephony:

  1. Kualitas sinyal suara. Sinyal suara telah dapat dilewatkan melalui jaringan dengan kualitas yang baik menggunakan teknik-teknik pengkodean dan rekonstruksi sinyal untuk me-recover sinyal asli.
  2. Delay suara. Manusia memiliki batas toleransi sebesar 0,25 detik untuk dapat menyimak percakapan dengan baik. Teknologi internet telephony yang ada telah dapat memenuhi dan melampui kecepatan batas ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s