Pinanga kuhlii (Pinang HUtan)

Posted: June 12, 2009 in Struktur Perkembangan Tumbuhan

TUGAS TERSTRUKTUR
STRUKTUR DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN I

DESKRIPSI
PINANG
(Pinanga kuhlii)

Oleh :

Ratna Mega Dwi Pangestuti
B1J008136

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
FAKULTAS BIOLOGI
PURWOKERTO
2009

Nama spesies : Pinanga kuhlii
Nama lokal : Pinang
Familia : Arecaceae
Lokasi : FKIK
Nomor :
Tanggal : 21 Mei 2009

DESKRIPSI

Habitus berbentuk rumpun dan tumbuhnya berkelompok, tinggi 400 cm – 800 cm. Tumbuhnya membentuk rumpun. Daun majemuk, terdiri dari pelepah (vagina), tangkai (petiolus), helaian (lamina), ibu tangkai daun (petiololus). Panjang upih (vagina) kurang lebih 5cm, panjang tangkai (petiolus) lebih dari 60 cm, warna coklat kemerah-merahan, panjang helaian (lamina) 30 – 50 cm, lebar helaian (lamina) kurang lebih 1 – 3 cm,pelepah daunnya berbentuk seludang yang membungkus batangnya dan persegi panjang, pelepahnya tidak berduri, dan daunnya berbentuk sirip : sifat daun : bentuk daun (cicum scriptio) Sirip (pinnatus), pangkal daun (basis folii) Cuneatus , tepi daun (margo folii) Rata (integer), ujung daun (apex folii) Lancip/runcing (acutus), tulang daun (nervatio) Sejajar (rectinervis), daging daun Tipis keras (Perkamentus), pemukaan daun Bersisik (Lepidus), warna daun Hijau, Berpelepah persegi panjang, anak-anak daunnya lebar, susunan daunnya sejajar.
Diameter batang hingga 15 cm, batang ramping, permukaan batang Berusuk (costatus) , bentuk batang Berbuku-buku dan bentuk penampang melintangnya bulat (teres) tipe batang Tumbuh di atas tanah (caulis) ,arah tumbuh batang tegak lurus (erectus), percabangan batang monopodial, jarak antara ruas batang 7 cm lebih, warna batang coklat lumut, namun tidak jelas terdapat adanya alat tambahan karena referensi yang mengenai hal tersebut kurang.
Sistem perakaran akar serabut (radix adviticia), bentuk akar lutut, bagian-bagian akar pangkal/leher akar, ujung akar, dan batang akar, alat tambahan akar / fungsi lain akar pelekat (radix adligans).
Letak bunga tandan (racemus), Berbunga pada awal dan akhir musim hujan, Seludang perbungaan yang menyelubungi perbungaan pada mulanya diliputi oleh pelepah daun yang mendukungnya. Tujuh sampai sepuluh hari sesudah daun yang bersangkutan gugur, seludang perbungaan memecah secara longitudinal pada bagian adaksial, kemudian gugur. tipe bunga karangan semu,bentuk karangan bunga malai (panicula). Binga Pinang hutan berbentuk bulir (spica) dengan panjang antara 15-30 cm yang terdiri dari 15-35 anak bulir. Bunga – bunga tersebut tersusun dalam dua deretan pada anak bulir. Simetris bunga setangkup tunggal, bagian – bagian bunga anak bulir, tangkai karangan bunga, ibu tangakai, tangkai bunga, dan bunga. kelamin bunga bunga berkelamin dua, letak bagian-bagian bunga Bunga-bunga jantan terdapat dalam dua baris sepanjang rakhila yang dapat merupakan bagian distal cabang yang bebas. Bunga-bunga betina terdapat pada cabang yang pendek di bagian basal rakhila jantan. panjang tangkai bunga kurang lebih 15-30 cm ; Bentuk kelopak (calyx) bulat, penjang kelopak kurang lebih 1 cm, wana kelopak hijau muda, jumlah daun kelopak (sepal) Bunga jantan memiliki 3 sepal dan tersusun valvatus, androesium dibentuk oleh sebuah lingkaran luar yang terdiri dari 3 stamen antesepal dan lingkaran dalam yang terdiri dari 3 stamen antepetal, dan ginoesium terdiri dari 3 pistilodium., keadaan daun kelopak menutupi bagian atas buah; Bentuk mahkota (corolla) tumpang tindih dam membentuk bulatan, jumlah lingkaran mahkota 3-4 buah., panjang mahkota, , warna mahkota putih, jumlah daun mahkota (petal) 3 petal pada bunga jantan yang tersusun secara valvatus dan pada bunga betina terdapat 3 petal yang tersusun imbricatus, keadaan daun mahkota berdekatan; Jumlah stamen Bunga jantan 6 stamen dan bunga betina tidak memiliki stamen, panjang stamen bunga jantan 2 cm, warna stamen kuning, bagian-bagian stamen 3 stamen antesepal dan lingkaran dalam yang terdiri dari 3 stamen antepetal, dan ginoesium terdiri dari 3 pistilodium. Bentuk kepala sari (anthera) bulat lonjong, letak kepala sari di atas putik.; Panjang putik kurang lebih 0,5 cm, warna putik putih bagan-bagian putik tidak begitu jelas karena referensi yang ada tidak menyertakan mengenai hal tersebut, panjang tangkai putik (stylus) kurang lebih 1 cm, jumlah kepala putik (stigma) 10 buah, warna kepala putik putih susu, letak bakal buah (ovarium) di dalam buah, alat tambahan pada bunga tidak terdapat.
Tipe buah buah sejati tunggal, Buah berkecambah setelah 1,5 bulan dan sesudah
4 bulan kemudian mempunyai jambul daun-daun kecil yang belum membuka bentuk buah elips dengan ujung buah runcing, panjang 0,09 – 0,13 cm., lebar 0,1 cm, warna hijau muda pada waktu masih muda dan berubah menjadi merah apabila sudah tua, permukaan buah halus, bagian-bagian buah bakal buah, biji, mesocarpium (serabut) yang melindungi buah,dan terdapat kulit yang berkayu dan keras, alat tambahan pada buah micropili, untuk keluar masuk air.
Bentuk biji bulat, jumlah biji 1 per buah, namun bentuknya seperti buah belimbing, panjang 0,3 cm, lebar 0,1.cm, warna biji putih., permukaan biji kasar, bagian-bagian biji mesocarpium (serabut), kulit biji yang keras.
Habitat menyukai tempat yang sejuk atau kadang – kadang tumbuh di hutan jati dan tidak tumbuh pada tanah berbatu, sebaran kebanyakan terletak di Jawa dan Sumatera, ketinggian tempat Tumbuh di ketinggian hingga 1400 m diatas permukaan laut, musim berbunga dan musim berbuah antara bulan Mei sampai Juni.

MANFAAT DAN INFORMASI LAIN
Pinanga kuhlii
(Pinang Hutan)

MANFAAT
BUAH
Buahnya boleh digunakan untuk pengobatan.
Buah pinang muda dikunyah dan airnya ditelan untuk mengubati darah dalam air kencing.
Obat gigi.
Obat luka.
Mentembuhkan kudis, difteri, banyak darah ketika haid, hidung berdarah atau sariawan, mencret, koreng dan borok.
Konon, buah pinang sirih muda dapat meningkatkan gairah seksual sehingga tidak mengherankan kalau buah ini biasa dipakai pada saat acara sacral atau ritual.
Jus pinang muda digunakan sebagai ubat luar untuk rabun bila dititik pada kornea.
ditelan untuk demam, histeria, disenteri (cirit berdarah) dan pirai.

BIJI
Digunakan sebagai obat cacing.
Obat eksim
Obat gigi.
ABU PINANG
Digunakan untuk membersihkan gigi, namun apabila terlalu banyak pemakaiannya akan merontokkan gigi.
AKAR DAN SABUT PINANG
Untuk disentri (cirit berdarah).
Akar untuk membanyakkan urine dan mengobati sakit perut
SERBUK DAN EKSTRAK PINANG
bersama daun Atalantia dan limau digunakan untuk sakit perut.
pinang boleh membuang cacing gelang dan cacing kerawit
Ekstrak pinang didapati menghasilkan barah bila diletak pada selaput lendir hamster.

INFORMASI LAIN
Pinang selain sebagai obat-obatan digunakan juga sebagai tanaman hias. Pinang juga memiliki nilai ekspor besar karena begitu banyak manfaatnya dari setiap bagiannya. Semasa kecil tanaman ini sesuai dijadikan pokok hiasan dalam rumah. Apabila sudah besar, indah bila ditanam di luar. Komposisi Pinang mengandung lebih kurang 15% tanin merah dan 14% lemak. Tanin dalam pinang digunakan untuk merawat cirit-birit. Campuran pinang bersama bahan-bahan lain digunakan untuk kayap.

DAFTAR PUSTAKA

Anonymous. 2005. PINANG, URL : http://en wikipedia.org/wiki/ Asplenium nidus.

__________. 2004. http: iptek.net.id./ind/pd-lipi/view.php.
Sastrapradja, setijati. 1987. Palem Indonesia. BOGOR: Lembaga Biologi Nasional – LIPI
Lutony, tony luqman. 1992. Pinang Sirih. Bandung: Penerbit Kanisius
Siregar, Edy Batara Mulya. 2005. POTENSI PALEM INDONESIA. URL : http:// google/usu.ac.id/repository

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s